Sabtu, November 13, 2010

Difusi dan Osmosis

Kadang kala kita bingung jika harus menjelaskan apa arti difusi dan osmosis. Padahal kedua hal ini adalah hal-hal yang disadari atau tidak, terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari. betul atau benar? mari kita review kembali arti dari kedua istilah tersebut.

Difusi

Difusi adalah perpindahan molekul/partikel/zat dari tempat berkonsentrasi tinggi ke tempat berkonsentrasi rendah. yang berpindah itu bisa dalam bentuk cair, padat atau gas. Contoh: Misalnya kita mau malam mingguan, agar tampil maksimal dan mempesona, kita menyemprotkan beberapa 'titik' parfum di tubuh dan baju kita. tidak dibutuhkan segalon parfum untuk menjadi wangi bukan? Tapi kita semua tahu, sejumlah kecil 'titik-titik' parfum itu cukup untuk membuat kita pe de. Mengapa? Dari 'titik-titik' tersebut, parfum X yang berkonsentrasi tinggi di titik itu (maksudnya teh ngumpul di titik itu) kemudian menyebar ke seluruh 'pelosok' udara di sekitar kita. Udara yang kita tahu memiliki konsentrasi parfum yang rendah atau tepatnya tidak ada parfum nya. contoh ini menunjukkan terjadinya peristiwa difusi. parfum bergerak dari tempat
berkonsentrasi(parfum) tinggi ke tempat berkonsentrasi(parfum) rendah. gula pasir dalam teh panas juga bisa menjadi contoh difusi.
itulah difusi...bagaimana? kalau kurang paham, jangan ragu unruk mencecar saya dengan pertanyaan ya.....

Osmosis

Osmosis secara sederhana dapat didefinisikan sebagai difusi air melalui selaput/membran semi permeabel. Jadi kondisi yang harus terpenuhi dalam proses ini adalah adanya membran semipermeabel. Semipermeabel artinya hanya dapat dilalui oleh air atau pelarut lainnya atau molekul-molekul lain yang berukuran kecil. Hal kedua yang harus dipahami adalah bahwa dalam osmosis, pergerakan/perpindahan yang kita amati adalah pergerakan pelarut(solvent) dan bukan zat terlarut(solutes), pelarut yang dimaksud umumnya adalah air. karena osmosis adalah difusi air, berarti yang kita amati adalah perpindahan air dari tempat berkonsentrasi(air) tinggi ke tempat
berkonsentrasi(air) lebih rendah melalui membran semi permeabel. Konsentrasi air tinggi itu identik dengan encer. Contoh konkritnya adalah tingginya kadar air dalam zat buangan penderita diare (Iiiiiiiihhh......). Berdasarkan hal ini mari kita coba simpulkan arti dari osmosis. Osmosis adalah perpindahan air (atau pelarut lainnya) dari tempat yang encer ke tempat yang lebih pekat melalui membran semi permeabel.
Semoga penjelasan mengenai kedua definisi di atas dapat dipahami dengan lebih mudah. Jangan ragu untuk bertanya jika ada hal-hal yang masih belum dipahami. klik tautan di bawah untuk mengunjungi salah satu website yang bagus untuk kita jadikan referensi dalam belajar.

how osmosis works


xue xi hao,xuesheng...Shang Di bao you ni men...

Tidak ada komentar: